Subscribe to RSS Feed

Asal Mula Adanya Kartu Kuning dan Merah Dalam Sepak Bola

by Unknown

Semua orang pasti tahu tentang permainan ini dan Sepak bola merupakan olahraga yang paling disukai, di dalam permainan ini ada kartu kuning dan merah, kartu kuning bermaksud untuk memberi peringatan kepada pemain yang melakukan pelanggaran, sedangkan kartu merah bermaksud untuk mengeluarkan pemain karena melakukan pelanggaran yang keras, tapi tahukah anda asal mula adanya Kartu kuning dan kartu merah tersebut?



Ide membuat kartu Kuning dan Merah pertama kali pada saat Piala Dunia tahun 1966, pada pertandingan perempat final antara Argentina melawan Inggris dan dipimpin oleh wasit yang bernama Rudolf Kreitlein dari Jerman.

Pada saat itu ada pemain Argentina yang melakukan pelanggaran keras, lalu sang wasit memberikan sanksi dengan mengeluarkan pemain Argentina tersebut, tetapi pemain Argentina itu tidak keluar dari lapangan sepak bola, karena pemain Argentina itu tidak tahu maksud wasit (Rudolf Kreitlein).

Ken Aston yang juga sebagai asisten wasit ikut menjelaskan kepada Ratin (Pemain Argentina) bahwa dirinya dikeluarkan dari lapangan karena melakukan pelanggaran keras. Akhirnya Ratin paham dengan maksud wasit, lalu ia pergi meninggalkan lapangan.

Setelah kejadian itu Ken Aston memikirkan bahwa ada bahasa universal agar semua orang mengerti apa yang dimaksudkan wasit ketika memberikan peringatan kepada pemain, sehingga wasit sudah tidak perlu pusing dengan bahasa yang diketahui pemainnya.

Suatu Ketika dia berjalan melewati Traffic Light, lalu dia mempunyai ide yaitu membuat kartu kuning dan merah, kuning untuk peringatan dan merah untuk mengeluarkan pemain, Ide ini diterima oleh FIFA,kemudian pada Piala Dunia 1970 pertama kalinya kartu kuning dan merah digunakan, dan sampai sekarang peraturan ini masih berlaku.

0 comments:

Post a Comment