Subscribe to RSS Feed

Sebab umum terjadinya Perang Dunia II

by Erwin Muhaldi

Penyebab umum terjadinya Perang Dunia II, yaitu kegagalan Liga Bangsa - Bangsa (LBB) dalam menciptakan perdamaian dunia. Hal ini menyebabkan negara - negara maju saling berlomba memperkuat militer dan persenjataannya, hal ini kontan langsung membuat negara - negara yang lemah dalam militer dan persenjataan berlomba lomba mencari kawan persekutuan (politik aliansi) .


Di Eropa terbentuk kembali dua aliansi yang saling bermusuhan, kedua aliansi itu adalah Blok Jerman dan Italia dengan pahan fasis dan Blok Perancis dan Inggris dengan paham demokrasinya. Dengan adanya politik aliansi maka negara yang berhasil mengatasi krisis politik dan ekonomi kemudian tumbuh menjadi negara ultranasional yang menjalankan imperialisme gaya baru. Negara - negara itu antara lain Jepang dengan semboyan "Hakko Ichi-U", Jerman dengan semboyannya "Lebensraum", dan Italia dengan semboyannya "Italia Irredenta". Negara - negara ini merasa berhak dan berkewajiban untuk memimpin dan menguasai bangsa lain.

Dengan anggapan itulah mereka melaksanakan Imperialisme gaya baru mereka. Selanjutnya munculnya semangat balas dendan (Revanche Ide) hal ini disebabkan oleh Perjanjian Versailles yang membebani Jerman dengan berbagai kewajiban yang tidak mungkin dilaksanakan. Sekutu seenaknya menentukan nasib Jerman setelah Perang Dunia I, dendam itu terutama ditujukan kepada Inggris dan Perancis. Oleh karena itu, setelah tahun 1935 pemimpin Jerman Adolf Hitler mengadakan wajib militer dan pada tanggal 16 Maret 1935 Adolf Hitler menyatakan bahwa Perjanjian Versales tidak berlaku lagi. Dengan adanya pernyataan itu Hitler mengembankan paham Nasionalisme yang sempit.

0 comments:

Post a Comment